Sabtu, 03 November 2012

PDK / Pendidikan Dasar Kedisplinan dan Kepemimpinan (Riswan story)

Mm.. Gue ga tau sih, sebenernya mesti mulai darimana ulasan tentang PDK ini soalnya definisi tentang PDK sendiri sangat luas buat di ulas.. Sebenernya PDK adalah saat dimana kita mesti disiplin setiap waktu, yah kalo istilah umumnya sih masa PDK itu sama dengan "masa pembayatan". Masa dimana semua serba susah, terbatas, dan satu lagi : dramatis!.. Ya! gimana ga dramatis ? Orang biasanya setiap hari ketemuan, mau tidur tinggal tidur, mau nyuci nyetrika tinggal nglempar ke muka nyokap.. (lebay..) Nah, smua itu bakal beda 180 derajat dengan kemiringan 30 konstanta x + y dengan yang namanya kehidupan masa PDK dalem TN. Kalo pas PDK tuh, komunikasi sama ortu diputus 3 bulan, harus nyuci dan nyetrika setiap hari, harus kilapin ikat pinggang, harus nyemir, ga boleh keluar kampus, belom lagi yang namanya mesti ngapalin nama abang sama kakaknya.. Oh Men! Rasanya kayak masukin susu dari idung lo sendiri..




Anyway, PDK tuh, kemana-mana mesti baris, bahkan mau pergi ke MM (sebutan buat Mini Market) aja dibatasin cuman boleh dua hari dalam seminggu.. But, dalam PDK juga bukan berarti tuh penuh dengan nangis bombay ga jelas, dicambukin, gak dikasih makan seharian n disuruh kerja nyuci piring bertumpuk.. Oh men, Come on.. itu tuh cuman ada di sinetron RCTI.. ato jangan lo bayangin selama PDK lo bakal nemuin kehidupan seorang remaja yang penuh warna warni, bisa hangout kemana-mana, manjangin rambut, ngelanggar aturan, bolos ke rental PS, ngecengin senior, tawuran, ato bahkan pamer kendaraan ke sekolah.. Hell yeah! that's Impossibru!! Lu bisa tidur dengan tenang aja udah syukur banget men.. Sekali lagi, itu cuma ada di RCTI..

Tapi kalo lu mau mikirin, ternyata semua yang ada dalam PDK itu sangat bermanfaat bagi kehidupan selanjutnya, coba deh mikir, kenapa lu disuruh baris setiap kemana-mana, itu biar lo belajar disiplin, tau aturan sekolah n enak diliat bro.. coba kalo lu jalan kagak baris di jalan sekolah, udah kayak ngeliat pasar tumpah diobrak hansip itu mah.. Trus, apa gunanya lo dibatesin belanja cuman boleh sampe 2 hari doang? Gunanya biar lo menghargain yang namanya uang pemberian ortu.. Selama ini lo kalo punya uang seribu, pernah lo hemat hemat ampe tuh uang seribu jadi kusut dalam kantong? Percayalah, dalam TN, jasa Pattimura (alias uang seribu) kerasa banget di sini.. Niscaya.. Apalagi yah.. mm.. oh ya, trus apa gunanya ngapalin nama senior? Nah, ini dia kuncinya.. Lo kalo gak hapal nama senior + asal daerahnya, otomatis selama PDK lo bisa ga tenang.. Ya iyalah.. secara senior lu udah susah susah ngerangkak dari kelas 10 ke kelas 11 ato kelas 12, lu dengan "innocent" nya bilang "maaf bang, saya tidak tahu".. Wah, pertanda perang alam jilid 1 bakal segera menanti anda! Kalo lo tanya gunanya nyemir, nyetrika, nyuci sendiri itu buat apa, ya jelaslah itu buat lo belajar jadi mandiri, kalo guna sampingannya sih, lo bisa jadi jago nyanyi dangdut karena bakalan pas banget kalo lu nyanyi "nyuucii.. nyuucii sendiiriii.. nyemiirr.. nyemiir sendirii.. " tuh, lama-lama pas lulus TN, kan lumayan kalo bisa jadi artis dangdut.. (heeaa.. )

Kalo lo bayangin yang namanya PDK itu sama kayak MOS yang ada di sekolah lain, itu tuh jauuuuuuuuuuuuhhh... banget kayak bulan mengejar matahari.. Bagai sang pungguk mencari bulan.. Oh.. jauh sekali.. (mulai deh..) Sori aja deh, kalo kalian ngeluh soal MOS di sekolah kalian yang paling banter nyampe 1 minggu itu, mulai sekarang kalian harus bersyukur yah.. Soalnya itu tuh belom seberapa.. hehehe.. gue kalo liat anak luar ato berita di tv tentang wacana penghapusan MOS di sekolah rasanya pengen ketawa ngakak.. gitu aja kok udah ngeluh banget.. Lalu, kalo ngeluh terus n ga ada yang namanya pengenalan sekolah, bagaimana jadinya sodara-sodara?? hehe.. Selama PDK, kita pasti ngerasanya beraaaat.. banget, kayak mau cepet lulus aja, ato rasanya kayak mau cepet kabur aja.. ya tapi mau gimana lagi.. This is our life, dan TN mengajari kita buat nerima kehidupan dan menjalaninya.. 

Selain itu, yg bikin PDK dan MOS beda adalah selama MOS, lo mungkin bakal di perlakuin aneh-aneh, dipasangin kalung cabe sama pete lah, di suruh kuncir rambut jadi sebelas lah, disuruh pake topi kerucut lah, semua itu konyol pemirsa yang budiman.. Dan itu menurut gue sangat salah dalam memperkenalkan sekolah.. sedangkan di TN, dalam pelaksanaan PDK kita senantiasa diawasi ketat dan diiringi dengan yang namanya Panped, ato kepanjangannya Panitia PDK, ato kalo istilah umum di sekolah lain itu kayak OSIS yang disuruh ngedampingin adek pas MOS lah.. Cuman kalo OSIS itu kerjaannya terbatas, cuman sampe pulang sekolah doang, sedangkan kalo Panped, mereka siap 24 jam untuk mengurusi adeknya.. (kayak Indomaret) Nah, yang namanya Panped ini, bisa diibaratkan sebagai Tanah, air, api, dan udara. Bukan.. bukan.. mereka bukan avatar.. tapi itu cuma perumpamaan aja.. Karena mereka itu bisa memberikan sokongan dan dukungan moril buat adeknya kayak tanah yang menopang kita buat berpijak.. karena mereka bisa menyejukkan kita saat kita lagi sedih, kangen, galau, susah, kayak air yang memberi kesegaran buat kita.. karena mereka bisa membakar semangat kita, memberi nasihat seperti api yang menghangatkan.. karena mereka juga bisa menerbangkan kemauan dan cita-cita kita seperti angin yang sepoi-sepoi..

Panped sendiri juga dibagi tugasnya, terdiri dari Puluhan orang yang siap membantu adeknya.. mereka dari kelas 11 dan 12.. tugas mereka dibagi jadi 4, yaitu ada PH yg kepanjangannya Pengurus Harian. Tugasnya adalah mengurusi persiapan adeknya, mengurusi semua yang terjadi dalam PDK dibalik layar.. Hmm.. itulah mengapa mereka diumpamakan sebagai tanah yang memberi sokongan pada kita buat berpijak. Yang kedua adalah PG atau kepanjangannya adalah Pendamping Graha.. tugas mereka adalah mendampingi adek-adek dalam mencurahkan isi hatinya, memberi dukungan, siap mendengarkan curhatan rindu para adek yang lagi galau (eeaa..) Tugas mereka ga main main men.. mereka rela nungguin adeknya sampe larut malem cuman buat tempat adeknya curhat tentang keseharian mereka, kehidupan mereka, dll.. yang ketiga adalah adalah Sielap atau kepanjangannya adalah Seksie lapangan.. nah, ini dia kawan-kawan yang paling legendaris dalam setiap cerita PDK angkatan ke berapapun.. karena mereka adalah Panped yang kerjaannya marahin adek, mbentak bentak adek, mukanya mengekerut terus kayak jeruk purut.. pokoknya galak deh! Nah tentu ente tahu guna dari Sielap apaan.. Yap! mereka yang menggerakkan adek-adeknya biar disiplin dan gak ngelanggar aturan.. jangan bikin mereka marah ya sob, karena kalo mereka marah, urusannya bisa panjaaang banget.. hehe.. Nah mereka inilah yang diibaratkan seperti api yang membakar jiwa adeknya biar disiplin dan mau matuhin aturan di dalam TN.. sedangkan yang terakhir adalah Sie or alias Seksi Orientasi .. mereka inilah yang bertanggung jawab atas semua orientasi/pengenalan yang ada di SMA TN.. jadi bisa diibaratkan mereka itu yang menerbangkan adek-adek sehingga tau semua tentang TN.. nah itulah mereka.. pas kan? 4 elemen.. (tadaaa..)

Hampir kelupaan, dalem PDK juga ada yg namanya Persami dan RPS (Rute Panglima Sudirman) Persami itu yah kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu.. cuman lebih panjang rutenya, seru dan lebih melelahkan.. celemotan lumpur di wajahnya.. Soalnya abangnya sering iseng sih.. RPS sendiri adalah Rute sepanjang 17 km yang mesti ditempuh sambil jalan kaki sambil mikul tandu, soalnya demi mengenang perjuangan Panglima Sudirman yg ditandu dalam berperang menghadapi Belanda.. Yup.. mungkin its all.. nanti gue jelasin lagi tentang RPS dan Persami di Ulasan Berikutnya..

 Nah, gitu deh definisi PDK.. mungkin bisa menjelaskan semua pertanyaan tentang apa itu PDK.. dan nih gambar gambar tentang pelaksanaan RPS dan persami selama PDK.. Cekidot..

Siang-siang gerah.. kok gak ada fruitaman













Foto sek laah..












Ziarah ke TMP Giri dharmo loyo












Permulaan RPS












Lewat medan berbatu dan terjal men..












Kadang-kadang ketemu jalan aspal











Ketemu sama saksi hidup sejarah Sudirman..
Persami, mbangun tendanya susah












Jalan mendakinya bikin ngos-ngosan












2 komentar:

  1. bro mau tanya pas MOS situ disuruh ngapain??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo MOS paling hanya seminggu aja, hanya mengenal lingkungan dan tempat saja. Nah, kalo PDK ini yang lama dan sulit, sampai 3 bulan, pisah dengan orangtua dan dididik disana. Tapi, satu hal yang pasti dari PDK : NO KEKERASAN FISIK!!. Jadi gak usah takut, karena TN menempa bukan menghajar, oke bro?

      Hapus

Komen?