Minggu, 18 November 2012

RPS / Rute Panglima Sudirman, PKT / Pilih Ksatria Tangkas, Pembaretan (Riswan story)




Well, apa yang sebenernya terlintas di pikiran kita semua ketika mendengar apa itu RPS? Mungkin kata RPS sendiri emang kebanyakan yang mengetahui itu adalah alumni, siswa ato biasanya yang mau ngelanjutin sekolah ke SMA TN. Kasian juga kadang ngeliatnya, kalo masih ada orang yang bingung tentang apa itu RPS.. ini kayak kentut bro, ditahan gak enak.. kayak ada yang ganjel gitu.. Kalo dikeluarin malu.

Hmm.. Ok, biar kejadian kayak gitu gak terjadi, gue bakalan ngebahas tentang apa itu RPS. RPS sendiri kepanjangannya adalah Rute Panglima Sudirman. Bukan.. bukan.. ini bukan nama jalan alternatif pas mudik.. Ini adalah salah satu kegiatan wajib alias tradisi wajib yang harus dilaksanakan bagi siswa kelas 10 yang mau menyelesaikan PDK nya. Jadi ini merupakan event rutin setiap tahunnya. RPS sendiri dimaksudkan agar siswa SMA Taruna Nusantara punya daya juang yang tinggi dan semangat pantang menyerahnya Bapak Sudirman.. Bapak Sudirman ini mas, merupakan pahlawan yang melakukan perang terhadap Belanda dengan menggunakan Siasat Gerilya, ato bisa dibilang taktik perang dengan menggunakan keadaan alam sebagai persembunyian. Yups! Bapak Sudirman berperang dengan cara keluar masuk hutan bro.. Nah, istimewanya hadirin yang dirahmati, Bapak Sudirman ini pada saat itu sedang mengalami sakit paru-paru akut, yang mengakibatkan dia tidak bisa berjalan dalam berperang sehingga para pejuang saat itu menandu beliau keluar masuk hutan! Wow! kebayang gak sih capeknya, dan kerasnya perjuangan beliau.. Mana pas itu pocari sweat belom ada lagi.. Luar biasa deh pokoknya..

Nah! Perjalanan beliau yang mendaki gunung lewati lembah kayak ninja hattori inilah yang dijadikan dasar RPS. Rute yang berjarak 17 km ini, akan melewati rute yang pernah dilalui oleh Panglima besar Sudirman.. Untuk menghayati lagi, akan disediakan bendera merah putih dan sebuah tandu yang akan dipikul bergantian selama perjalanan oleh para siswa kelas 10. Kegiatan RPS ini juga akan dibarengi dengan yang namanya PKT dan Pembaretan.. Nah lo, apa lagi tuh PKT ama Pembaretan? Entar dulu.. satu-satu lah..

RPS dibuka dengan apel pembukaan RPS.. yah kayak upacara pemberangkatan gitu.. Nah setelah Apel, biasanya siswa langsung diantarkan menuju ke Parangtritis, trus jalan deh ke rute yang udah ditentukan. Rutenya tuh, nyebelin banget. Udah capek-capek naik, jauuuh.. trus kepikiran, wah pasti abis ini turunan deh.. ternyata abis itu jalannya datar.. Ah mungkin abis ini jadi turunan.. Eh ternyata naik lagi..


Yo Dawg.. Gue denger loe suka jalan-jalan di tanjakan, jadi gue bikin jalan tanjakan 
abis jalan tanjakan, biar loe bisa jalan di tanjakan pas loe lagi naik jalan naik di tanjakan

RPS ini biasanya akan ditempuh dengan 3 etape / jalur perjalanan. Yang pertama biasanya yang paling susah.. paling banyak jalan terjal berbatu, sama yang paling jauh en paling banyak tanjakan. Tapi pemandangan di sebelah kita tuh bagus banget, ada laut bro.. sama sepanjang perjalanan kita bakal ketemu sama rumah penduduk yang masih sangat asli. Abis etape pertama, kita bakalan istirahat di sebuah pendopo desa, trus disana kita ketemu sama saksi sejarah yang ikut dalam perang gerilya jenderal Sudirman.. Beliau tuh udah tua, tapi masih segar dan sehat banget. Saking tuanya beliau kurang fasih bicara pake bahasa Indonesia. Beliau malah fasih bicara pake bahasa Jawa halus, alias jawa krama.. buset dah..kalo dengerin si mbah ngomong berasa nonton wayang.

 Abis dari sana mulai lagi deh kita jalan. Pas etape kedua biasanya kondisi anak-anak udah lumayan seger lagi, kan udah istirahat.. Tapi etape kedua masih lumayan panjang, walaupun ga sepanjang etape pertama. Jalannya udah gak terlalu banyak tanjakan, trus udah banyak yang diaspal. Tapi yah lu tau sendirilah, kalo jalan diatas aspal panas-panas pake baju tebel, ransel berat, sepatu lapangan yang tak mau kalah beratnya, niscaya rasanya gak jauh beda pas kita deket-deket sama abang yang masak nasgor di wajan. Panaaas!!! Biasanya kalo udah haus gini banyak yang teriak.. "Mana baret kami.. Mana baret kami.."

Tapi ada tuh yang iseng teriak "Mana aqua kami.. Mana pocari kami.." pokoknya rame banget, yang jelas kalo ada JKT 48 pasti tambah rame. Yang bikin capek tuh kalo abangnya nyuruh nyanyi sambil teriak, hwadooh.. suara udah serak ga ada hexos, masih disuruh jalan jauh.. Mana suara udah kayak sirine ambulans kejepit, disuruh teriak lagi. Sampe akhirnya di peristirahatan yang ke dua...  Biasanya tempatnya ada di lapangan bola. Nah disitu siswa muslim juga bisa melaksanakan sholat, disitu juga disediakan makan siang. Kalo lu nyari bata ama semen udah pasti gak disediain di situ (ya iyalah..)

Setelah istirahat, mulai lagi deh jalannya. Nah, kalo etape ketiga lebih deket lagi jaraknya.. lebih banyak jalan aspal, udah sore juga biasanya jadi nggak terlalu panas. Istirahatnya di lapangan juga, cuman lapangan kecil. Biasanya pas etape ketiga, abang-abang Panped pada foto-foto.. Narsis, eksis, gratis pula! Foto-foto gak apa-apa kok, asal bukan di toilet mall.





Harapan


Kenyataan


Barulah abis itu kita diangkut pake truk lagi ke daerah plempungan, disitulah hadirin, kita akan menginap. Jangan bayangin plempungan itu kayak Hotel Shantika.. Plempungan tuh, daerah luas yang masih alami penuh sama sawah dan ladang orang-orang desa situ. Disitu cuman disediain ruangan kayak gedung serba guna dan ada WC yang gede juga, kayaknya jarang digunain. Disitulah kita bakal menginap dengan hanya beralaskan tikar karet. Dinginnya persis kayak makan es krim di dalem igloo yang ada di kutub utara..

Nah, waktu malemnya, akan di adakan yang namanya Caraka malam. Caraka malam ini sama kayak jerit malam kalo istilah umumnya. Jadi siswa disuruh jalan muter-muter sawah, hutan, dll yang bener-bener gelap, lembab dan kawan-kawannya. Ya, selama perjalanan tentu iman kita akan diuji dengan sekumpulan setan gadungan alias abang ama kakak yang usil. Nah, perjalanan akan diawali dengan seorang abang yang bakalan ngasih kita pesan yang mesti kita kasih sama abang yang udah ditentuin, jangan sampe pesan ini bocor ke abang yg lain walaupun sama-sama abang. Kalo bocor berarti misi kita gagal alias Failed. Aha!

AHA!!..

Sengaja diulang biar afdol. Disinilah letak serunya! kita mesti bedain mana abang yang pura-pura jadi setan sama yang abang beneran dan  pamong yang ngawasin. Biasanya kita bakal neriakin kode tertentu, kalo si orang yang kita maksud bisa jawab berarti dia abang ato pamong, tapi kalo diem, ato bahkan ngejar, nah sodara-sodaraku yang dirahmati Allah, dia tidak lain dan tidak bukan adalah hantu alias setan. Awas, jangan sampe ketangkep sama hantunya, ntar anggota kita bakal kurang dan berarti misinya gagal dong. Jangan sampe juga ngasih tahu pesan rahasia ke abang yang bukan dituju, itu artinya misimu gagal, meskipun abang nya keluarin jurus gombal rayuan maut, jangan pernah mau! mau diiming-imingi cepet kelar lah, yang katanya abngnya ngancemlah, diajak nikah lah, kawin lari lah, jogging bareng, ato sampe di talak, jangan pernah mau!

Nah kalo udah sampe di akhir, kalo kita berhasil, kita akan ketemu sama temen-temen yang udah dulu sampe di markas. Nah selama perjalanan kita harus jeli ngeliat tanda panah buat menuju ke markas. Kalo salah, ya Wallahualam..

Keesokan harinya, kita bakal bangun pagi-pagi (ya emang pagi..) trus senam, tapi nggak kerasa soalnya gak bareng sama ibu-ibu. Abis senam kita bakalan dibentuk perkelompok dan langsung deh kita mulai acara terakhirnya.. yaitu PKT alias Pilih Ksatria Tangkas. 
Di sini kita bakalan ngelewatin segala macem bentuk halang rintang, outbond, orientasi, semuaaaanya deh. Di sini tantangan terakhirnya. Abangnya bakalan mastiin apakah kita udah siap terima baret dan pantes jadi anak TN ato enggak. Wah seru banget deh pokoknya. Tapi yang paling seru adalah pas disuruh merayap di lumpur.. men.. itu baunya udah kagak karuan mana yang lumpur mana yang tai sapi, semua udah tercampur rata kayak adonan kue di Ala Chef. Badan bau kayak gitu abangnya masih belom puas. Biasanya abis gitu, abangnya nyuruh kita ngelumurin itu lumpur-entah-apa-namanya ke muka kita.. Luluran deh. Baik banget sih abangnya.. (sambil bawa golok)

Nah, abis kita merayap, kita disuruh tengkurap di tanah dan pejemin mata trus disuruh teriak "Berikan baret kami.. mana baret kami.." teruuuuus sampe suara soak. Pas itulah ada kakak ato abang yang manggilin nama kita. Eits, belom selesai dek! kita mesti disuruh orientasi sama dikerjain dulu. Push up lah, ngerayap lah nyebelin banget pokoknya. Hmm.. Kalo abangnya udah puas, kita dibaretin. Rasanya tuh, wuaahh.. pelangi sama bunga bunga dimana-mana.. kayak udah berhasil masuk toilet yang antri panjang banget.. lega.. 

Trus kita disuruh langkah tegap menuju ke bendera.. Kita cium bendera itu.. Nah ini momen sakral yang bisa bikin nangis pemirsa, badan boleh gede, tapi hati tetap kayak gulali! Kuat untuk hal sehari hari, tegar untuk permasalahan tapi cinta mati dengan nasionalisme.. Hmm..

 Dengan cium bendera maka berakhirlah prosesi panjang RPS ini. Semua siswa berkemas dan naik ke truk pengangkut untuk kembali ke SMA TN..

Nih ada beberapa gambar pas RPS, PKT, dan Pembaretan..

Upacara Pembukaan RPS

Ngelewatin jalan aspal pas RPS

Ngelewatin jalan berbatu terjal di tanjakan

Yang bawa tandu sama bendera gantian per graha / barak

Lumpur-lumpuran pas PKT

Panjaaaaaang banget


Pas dibaretin.. rasanya plong


ketemu saksi sejarah yg masih hidup





Cium bendera









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen?