Jumat, 02 November 2012

TN's Rule (Timeline story)


Ok, kali ini kita bicara tentang topik TN's Rule. Definisi TN sebenernya adalah, sekolah berbasis kenusantaraan yang berdasarkan nasionalisme yang tinggi. Hmm, TN itu peraturannya berdasarkan PUDD dan Perdupsis (PUDD = Peraturan Urusan Dinas Dalam, Perdupsis = Peraturan Kehidupan siswa) yang semuuuuaaaaaanyaa diatur dari ujung rambut sampe ujung kaki, dari sepatu sampai topi, dari mata sampai hati.. (heeeaa..)

jadi dalem TN gak bisa seenak udel keluar masuk sekolah, manjangin rambut sampe nutupin hidung, nurunin dasi sampe bawah ikat pinggang, nenteng hape kesana-sini like a boss.. (alay : DETECTED). Disini semuanya serba terbatas.. mulai dari komunikasi, pakaian, makan, jalan, bersikap, semuanya diatur.. Mungkin gak pernah kelintas di pikiran orang luar tentang apa yang disebut kehidupan dalam TN. Biasanya mereka hanya mengetahui kami pada saat diluar.. ya jelas beda lahh!! Di dalam kami lebih ketat dan rajin.. (yoo'ii..) Mau keluar aja mesti diperiksa kelengkapan ama kerapiannya.. bayangin!! Pakaian buat keluar aja mesti ditentuin, sepatu mesti hitam legam disemir, rambut mesti pendek kayak shaolin, baju mesti diseterika.. belom lagi ikat pinggang mesti dikilapin, mesti bawa pulpen, saputangan, dompet, buku saku.. kalo lu udah lengkap semuanya, baru deh boleh keluar.. (kecuali lu bawa gir sepeda, pasti gak boleh). Itu pun mesti didaftar dulu siapa yang mau keluar kampus..



Tapi emang ini sesuatu yang udah biasa dalem kehidupan di sekolah asrama.. gak usah kaget.. kita enjoy aja kok, nikmatin segala yang ada di graha (graha = tempat tinggal selama berasrama.. kayak barak gitu)

tapi "rule" yang terkenal di TN (di sekolah asrama lain juga sih) adalah ASB atau Abang Selalu Benar.. (Jreng.. jreng..) dalam konsep sekolah asrama yang semi-militer, senior biasanya dipanggil abang, dan junior dipanggil adek. Maksudnya sih biar saling akrab kayak berasa di rumah gitu.. tapi yang ada malah muncul sebuah tradisi yang jadi kebiasaan..  kebiasaan ini dikenal memiliki aturan tak tertulis yang berjumlah 5, yaitu:

pasal 1 : Abang selalu benar
pasal 2 : Adek selalu salah 
pasal 3 : Apabila abang salah, maka kembali ke pasal 1
pasal 4 : Apabila adek benar, kembali ke pasal 2
pasal 5 : Perintah abang lebih absolut daripada perintah guru/pamong

Hmm.. sebenernya gue agak sedikit gak setuju kalo peraturan ini diterapkan.. coba contohnya, kalo misalnya kejadiannya kayak gini :

Abang : "Dek, kamu abang liat-liat suka garuk-garuk gak jelas. Kamu panuan ya?"
Adek : "Siap, kok tahu bang?" 
Abang : "Ya iyalah.. gimana abang gak tahu.. kamu sering garuk punggung gak jelas gitu.. makanya sering mandi!!"
Adek : "Oh, siap bang.. cuman.. hmm.."
Abang : "Cuman apa dek? kamu berani mbantah abang ya?"
Adek : "Hmm enggak sih bang.."
Abang : "Hah, enggak? apanya yang enggak?"
Adek : "Siap, tidak bang, cuman saya jadi gatel-gatel setelah pake handuk abang yang waktu berenang abang pinjemin.."

Ekstrim banget kan jadinya?? nah makanya! gue agak gak setuju ama peraturan itu.. Seperti motto gue : "gak bakal ada yang sembuh kalo yang panuan sering pinjem baju orang lain" (gak nyambung ding..)

Oke sekian dulu buat hari ini.. ciss.. (mata genitnya keluarin..) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen?