Senin, 05 November 2012

Penutupan PDK angkatan XXIII (Riswan story)

Yak.. pada akhirnya angkatan XXIII / 23 telah selesai menjalani masa PDK nya.. Selamat ya buat adek-adek angkatan 23 yg udah selesai PDK nya.. Oh ya tradisi pada akhir masa PDK biasanya akan ada line dance angkatan dan PBB tanpa aba-aba (PBB = Peraturan Baris Berbaris alias ya.. baris-berbaris, masa ga tau sih?). Hmm, line dance itu adalah saat dimana satu angkatan nari bareng-bareng.. Biasanya sih mereka nari 3 tarian dengan diiringi 3 buah lagu. Kalo PBB tanpa aba-aba adalah baris berbaris yang dilakukan tanpa aba-aba terlebih dahulu. biasanya kan kalo baris itu ada aba-abanya, nah kalo ini nggak. Biasanya beberapa hari sebelum penutupan PDK, kelas sepuluhnya bakal ngadain latihan buat line dance dan PBB tanpa aba-aba.. PBB tanpa aba-aba biasanya dilakukan siang abis makan di pelataran Balairung pancasila, nah kalo line dance biasanya dilakukan malem setelah makan, dan biasanya dilakukan di dalam balairung pancasila..

Malam-malam sebelum PDK selesai gue liat adeknya latihan di balairung Pancasila, gitu juga pas sorenya, mereka latihan PBB tanpa aba-aba dibantu sama Tonpara..Gue jadi inget aja pas gue kelas 10.. pas latihan keringetan bareng-bareng.. pas line dance ampe ngantuk rasanya.. pokoknya gak bakal lupa..

Semua orang di TN sibuk buat nyambut penutupan PDK, mulai dari siswa sampe pamong ikut andil dalam memeprsiapkan kelancaran acara ini. Gue jadi gak sabar nungguin acaranya.. Nunggu kayak gini bikin gue galau tak berpenghujung...


Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba.. Pada hari sabtu tanggal 3 November 2012 acara penutupan PDK pun mulai. Seluruh siswa wajib pake baju pesiar. Gue pun udah gak sabar pengen liat defile adek-adeknya, sekaligus pengen dapetin susu gratis sama bazaar murah.. (heeaa..) Pas acara penutupan gini emang banyak bazaar dan semua yang murah bin meriah. Setelah siap-siap gue pun mulai jalan ke arah gedung A (Gedung A = tempat belajar kelas 11), disitu soalnya pemandangannya pas banget sama sudut objeknya (sok jenius..) Setelah marching band selesai atraksi, kelas 10 jalan ke Balairung pancasila. Wah disana langsung disambut sama tepuk tangan keluarga dan orangtuanya yang bercampur haru dan bangga.. pokoknya wow banget deh.. Tapi secara bukan itu yang pengen gue liat sekarang. Yang pengen gue lakukan adalah nyari makanan di bazaar.

 Gue coba liat di lapangan apel kelas 10.. ternyata ga ada bazaar..


Lamaaa banget gue nunggu ternyata lama juga penutupan PDK nya, akhirnya mulai deh cari sesuatu yang bisa ngilangin bosen, untung-untung bisa ganjel perut yang dari tadi mulai bikin orkes melayu.. Eh pas turun gue ngeliat ada sesuatu yang dikerumunin orang-orang.. Didalem sesuatu itu ada cairan warna coklat yang dingin.. Yah sodara sekalian.. itu adalah tempat minum susu gratis..

ITU TEMPAT MINUM SUSU GRATIS!!!

Dengan gak nunggu jenggot tumbuh gue pun mulai berdesakan sama siswa yang lain yang antri pengen ngambil juga. Ya lu jangan bayangin gue ngantri susu kayak antri tiket konser Maroon five, yang ada gue malah kayak orang lagi rebutan antri sembako, gencet sana-sini, dorong sana-sini.. Akhirnya setelah perjuangan panjang dengan keringat dan daraah perjuangaan.. Gue berhasiiil.. Dan heeaah!! gue dapet satu gelas!! Akhirnya.. gue udah gak sabar.. gue deketin itu susu ke mulut gue.. lebih deket.. dekeeet.. 

"Dek, pernah diajarin cara minum gak? Minum tuh sambil duduk!" Tau-tau ada abang yang negur kerumunan orang disana yang lagi fanatik minum susu sambil berdiri.. Yah gue cuman bisa narik kembali mulut gue yang udah terlanjur monyong itu. Ya mau gimana lagi gue juga salah, ya udah gue pergi aja dari situ.. Pikir gue, wah hebat juga ya abangnya masih respek sama adeknya, masih mau negur adeknya dan negakkin kebenaran di atas tanah TN ini..Gue pengen ngapresiasiin abangnya itu.. gue mesti ngajak dia salaman! Pas banget gue noleh ke belakang.. Ternyata abangnya lagi ngobrol sama abang yang lain sambil minum.. Dan dia berdiri.

 Rasanya pengen gue teriak "Ahhaaa!!, Kenaa loooo!! lo ga bisa terus menyembunyikan diri dari kebenaran ini bang.. Dengan kekuatan jambaaan..  gue bakal ngehukuum loooooo !!..." trus tiba-tiba ada ikan terbang indosiar muncul deh

Sekali lagi, Abang selalu benar..

Udah keringatan, nunggu lama banget, anjir ini acara lama juga.. Berdiri panas-panas sambil pake baju pesiar ga simpel men !, gerah panas, dan.. tidak ada fruitaman! 
Akhirnya gue nyerah, mending gue duduk dulu sambil nungguin defile.. Eh gue liat kok temen-temen yg lain pada nenteng makanan kotakan.. Naluri gue sebagai food hunter keluar.. Hah! gue beranjak dari kursi dan nanyain darimana dia dapet makanan itu.. 

Gue : Eh, tuh makanan dapet darimana?
Temen : Kantin
Gue : Rame ga?
Temen : Enggak, sepi kok

Gue segera lari dengan kecepatan dramatis ke kantin.. Dan ternyata yang gue dapetin ialah.. lautan manusia lagi ngantri.. Pengen gue timpuk pake martil tuh tadi temen gue, katanya sepi ternyata manusianya malah kayak udah dikumpulin di padang mahsyar aja.. Gue kayak udah jadi tempe yang dijual disitu rasanya, gepeng.. 

Akhirnya waktu defile yang ditunggu pun sudah dimulai. Diawali dengan marching band yang meriah banget, trus pataka juga udah jalan.. akhirnya kita sampe juga pada acara intinya, defile angkatan 23! Lumayanlah, yang selama ini dilatihin ke kelas 10 berhasil dan gak ada kesalahan.. tinggal nungguin aja PBB tanpa aba-aba sama line dancenya.. Gue agak mendekat ke lapangan Balairung pancasilanya.. Yess! gue dapet tempat juga meski maksa banget dan mesti cium-ciuman bau badan.. Sumpah gue udah kayak ikan asin dijemur disitu.. Pas marching bandnya tampil disitu, ortu siswa kelas 10 nya biasa aja.. mungkin udah bosen kali, pengen cepet ngeliat anaknya tampil PBB tanpa aba-aba.. Pas angkatan 23 nya masuk ke lapangan, bener ramalan gue, yang tadi atmosfirnya agak garing gitu, mendadak kayak toko baru buka udah sale 90%.. Hmmph! gue makin kegencet sama ibu-ibu yang mulai anarkis di sebelah gue.. kagak nyadar yah badannya aduhai unyu kayak gitu masih tega nyelempit juga.. Tonpara sama PKS yang lagi tugas disitu kewalahan juga nanganinnya.. Mereka cuman bisa bilang  "maaf bu, mundur dikit nanti nggak muat.. maaf bu mundur dikit yah, pasti kebagian kok tempatnya.. maaf ya bu.."

Duileeh, rasanya kalo gue jadi dia  gue udah bilang "maaf bu.. jangan gencet-gencetan, nanti jatoh susah mbanguninnya masa mesti pake traktor?.. maaf bu.. mundur dikit yah.. nanti kalo ada yang penyet susah loh bu?... maaf bu itu badan ato kulkas?.. maaf bu.. kok saya kebanyakan minta maaf ya?.."

Mana udah sempit histeris lagi, yang nunjuk-nunjuk anaknya lah, yang manggil anaknya lah, pokoknya udah kayak demo deh. Pas lagi asik digencet sama ibu-ibu, ada satu ibu-ibu yang mampir ke gue

Ibu-ibu : Ehmm.. mas

Gue kok malah mikir ini ibu-ibu apa istri gue kok manggil gue mas.

Gue : Iya bu?

Ibu-ibu : Mas?

Gue : Iya kenapa bu?

Ibu-ibu : Ehmm.. Mas?

Gue : IYA !! IYA!! KENAPA BU?? IBU NGERTI BAHASA SAYA KAN?? KENAPA BU?? KENAPA??

Bukan gue marah sih, cuman ini budeknya udah kelewatan

Ibu-ibu : Eh iya, ini mas hape saya kok gak bisa buat foto kenapa ya?

Gue langsung ngambil hapenya. Gue curiga jangan-jangan malah hapenya gak ada kameranya sama sekali. Ternyata ada kok, orang hapenya blackberry gitu. Gue setting kembali ke mode kamera. Rupanya ibu tadi mencet mode video.. Yaelahh.. gitu aja repot amat.. gue pun mikir.. jangan-jangan..bukan dia gak ngerti caranya.. Jangan-jangan dia..

Ibu-ibu : Ehmm.. mas.. udah bisa kan?

Gue : Eh iya bu, udah kok, cuman ngerubah mode-nya aja ini mah

Ibu-ibu : Wah hebat yah mas nya bisa benerin kayak gini.. pernah belajar mbenerin hape yah?

Gue : Ah, enggak kok bu, nggak seberapa kok itu (padahal idung udah kembang kempis)

Ibu : Wah hebat ya mas, kalo fotoin saya gimana mas?

Dafuq, ternyata bener apa yang gue pikir. Nih ibu-ibu cuman mau minta difotoin aja..

Gue --> Mimisan!

Jadilah gue tukang foto keliling dadakan buat ibu itu..

  
Akhirnya selesai juga PBB tanpa aba-aba.. tinggal sekarang ngeliat line dance.. Tiba-tiba pas adek-adeknya bubar, ada bapak-bapak dengan histeris lari ke arah lapangan.. Ternyata bapak-bapak itu ngira kalo acaranya udah selesai. Akhirnya PKS sama Tonpara sibuk ngejar bapak itu sambil ngajak balik ke tempat semula.

Sabar atuh pak.. Gak hilang kok anaknya.. 

Pas mau mulai line dance, Tonpara nya nyuruh kita buat agak menjauh dikit biar gak ngeganggu, soalnya adeknya line dance tuh sampe ke pinggir-pinggir segala.. Nah, cuman sekarang ada 1 bapak yang annoying banget. Udah disabar-sabarin, dia malah teriak-teriak sambil pake logat Batak : "Hah, dari tadi kerja kau hanya mundur.. mundur saja.. Tak pake logika kau.. bagaimana nanti anak saya tak keliatanlah! mana sempit kali disini..

Bapakku yang berjiwa budiman..bukan tempatnya yang sempit, tapi perut ente yang makin tebel bos.. Liat tuh kasian Tonparanya udah mangap-mangap kepanasan.. masih untung gak disumpel kaos kaki pak..

Akhirnya selesai juga line dancenya.. nah sekarang waktunya buat adeknya lepas baret sama lepas papan nama.. Nah pas saat ini, biasanya ortu bakalan susah banget buat nemuin anaknya, soalnya kemana-mana ketemunya cuman anak-anak botak lagi nunduk.. Ya namanya juga masih baru pertama kali ketemu anaknya dengan rambut botak, jadi susah buat nemuinnya. Biasanya sebelum masuk TN yang rambutnya masih kayak  goku sekarang udah ilang semua.. ambles ditelan sama gunting.. 

Hmm.. pas penutupan PDK juga ada anak ilang, alias anak yang gak diketemuin ama ortunya.. Nah.. ini dia satu bahan buat dikerjain.. hehe.. Akhirnya kita rame-rame ngumpulin anak yang gak ketemu sama orangtuanya trus kita kelilingin sambil teriak : "Woi.. Anak ilang.. anak ilang.. " Teruus.. sampe akhirnya mereka ketemu satu persatu sama ortu nya.. Hah.. jadi inget waktu kelas 10 dulu.. Hehe.. 

By the way, Selamat ya buat adek kelas 10 yang udah selesai PDK, inget ya, perjuangan kalian masih panjang.. So, tetep semangat!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen?